Menhub: Akhirnya FDR Lion Air PK-LQP Telah Berhasil Di Unduh

Rakyat Utama. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut flight data recorder (FDR) Lion Air PK-LQP berhasil diunduh.

Budi mengungkap keberhasilan pengunduhan data FDR Lion Air PK-LQP dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (22/11/2018). Budi awalnya menyampaikan hasil investigasi KNKT.

"Investigasi yang dilakukan KNKT bertujuan mencari penyebab kecelakaan dan memberikan rekomendasi keselamatan," kata Budi dalam rapat.

Sesuai dengan International Civil Aviation Organization (ICAO) Annex 13, kata Budi, selain KNKT, ada pihak lain yang terlibat dalam kerja investigasi tersebut. Pihak-pihak itu mulai dari pendesain pesawat dan negara pembuat pesawat, dalam hal ini Amerika Serikat yang diwakili NTSB, Boeing, Australia Transport Safety Biro hingga dari pihak Singapura.

"Pihak-pihak ini sudah berada di Indonesia dan bersama KNKT melakukan kegiatan investigasi sesuai amanat ICAO," ucap Budi.

FDR Lion Air PK-LQP itu ditemukan awal November. Pada 4 November, data FDR berhasil diunduh termasuk memuat rekaman penerbangan JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang yang tak sampai tujuan.

"Pada tanggal 1 November FDR yang telah berhasil ditemukan, pada tanggal 4 November data FDR telah berhasil diunduh. Dari FDR berhasil diperoleh sebanyak 1.790 parameter dari 69 jam terdiri dari 19 penerbangan, termasuk yang mengalami kecelakaan," ungkap Budi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Induk Cipinang Sedang Ada Operasi Pangan Oleh Satgas Setempat

Suhu Politik Yang Makin Memanas Bisa Memicu Konflik Horizontal Di Tengah-tengah Masyarakat

Menanggapi Tentang Kritik Prabowo Soal Air Laut Sampai Bundaran HI, Ini Yang Anies Katakan